Jika Anda mengidamkan memperoleh lebih banyak lalu lintas dan penjualan ke website website e-niaga Anda, maka SEO terhadap halaman merupakan langkah pertama yang penting.
Banyak artikel dan tutorial di website yang menawarkan panduan SEO umum, tapi jauh lebih sedikit yang secara tertentu mengupas keperluan pengusaha e-commerce.
Hari ini, kami sebagai penyedia jasa seo website berikan Anda pemahaman basic tentang optimasi mesin pencari di website untuk eCommerce. Itu akan memadai untuk menunjang Anda memulai, memastikan Anda mengirimkan semua isyarat yang pas ke Google, dan mempersiapkan Anda untuk keberhasilan SEO.
Mari kami mulai.
Apa itu SEO E-dagang? Definisi
SEO e-commerce sebabkan toko online Anda lebih keluar di halaman hasil mesin pencari (SERP). Saat orang mencari product yang Anda jual, Anda mengidamkan memperoleh peringkat setinggi barangkali untuk menarik lebih banyak pengunjung.
Anda mampu memperoleh lalu lintas dari pencarian berbayar, tapi SEO jauh lebih murah. Ditambah lagi, pemblokir iklan dan kebutaan mampu mengurangi efektivitas pencarian berbayar, menjadi Anda selamanya wajib mengoptimalkan pencarian.
SEO e-commerce kebanyakan melibatkan pengoptimalan judul, gambaran produk, metadata, struktur tautan internal, dan struktur navigasi untuk pencarian dan pengalaman pengguna. Setiap product yang Anda menjual wajib punya halaman tertentu untuk menarik lalu lintas dari mesin pencari.
Namun, Anda tidak mengidamkan meniadakan halaman statis yang tidak berorientasi product di website Anda, seperti berikut ini:
Beranda
Tentang halaman
halaman FAQ
Artikel blog
Jawaban pusat bantuan
Halaman kontak
Buat daftar kata kunci dan kata kunci berkenaan untuk halaman tersebut. Alat seperti Ubersuggest memudahkan pencarian satu kata kunci berekor panjang dan menunjang Anda mendapatkan kata kunci semantik yang melengkapinya.
Mengapa SEO Penting Bagi E-Commerce
Apa yang dilakukan kastemer kala mereka butuh suatu product atau layanan? Banyak yang jalankan pencarian di Google. Mereka mencari opsi, kiat, perbandingan, dan informasi lain untuk menunjang mereka sebabkan ketentuan yang tepat.
Jika website website Anda tidak keluar di SERP, Anda kehilangan akses perlu ke pelanggan e-commerce yang memenuhi syarat dan berminat. Produk Anda barangkali punya area di web, tapi apakah product berikut mampu ditemukan?
Di sinilah SEO e-commerce berperan. SEO sangat mungkin Anda menjangkau audiens target tanpa membayar iklan. Begitu orang mendatangi website Anda, Anda mampu memuaskan mereka bersama dengan product berkualitas tinggi, konten yang menarik, dan ajakan melakukan tindakan yang memotivasi.
Jika Anda cuma mengoptimalkan website website Anda untuk orang lain, Anda merugikan perusahaan Anda. SEO untuk e-commerce menangani halangan pertama untuk memperoleh pelanggan baru: mendatangkan orang ke website Anda.
Cara Mengembangkan Strategi SEO E-commerce
SEO e-commerce merupakan tugas yang amat besar, lebih-lebih kalau Anda udah punya website website bersama dengan banyak produk. Ya, barangkali perlu waktu, tapi langkah yang solid mampu mempercepat prosesnya.
Prioritaskan halaman : Halaman mana di website Anda yang paling banyak dikunjungi? Mulailah bersama dengan halaman tersebut. Selain itu, kalau Anda mengidamkan orang-orang fokus terhadap product tertentu atau product unggulan, optimalkan product berikut lebih-lebih dahulu.
Buat alur kerja : SEO mengharuskan Anda memenuhi banyak persyaratan khusus. Persyaratan berikut meliputi pemilihan kata kunci, penambahan metadata, pemberian nama gambar yang tepat, penambahan atribut alternatif gambar, dan penyertaan kata kunci terkait.
Periksa pesaing : Strategi SEO e-commerce Anda wajib dirancang untuk mengalahkan pesaing. Lihat website pesaing utama Anda dan periksa upaya SEO mereka. Identifikasi langkah untuk sebabkan website Anda lebih baik.
Tindak lanjuti bersama dengan CRO : Pengoptimalan rasio konversi (CRO) wajib mengikuti SEO. Kita akan membahasnya lebih lanjut nanti.
Teruslah membaca untuk panduan lebih rinci tentang langkah mengembangkan langkah SEO e-dagang yang efektif.
Daftar Periksa SEO E-niaga: Praktik Terbaik untuk Strategi SEO E-niaga Anda
Simak sebagian langkah paling baik untuk website e-commerce yang kekurangan SEO. Jika Anda mengidamkan orang mendapatkan product Anda bersama dengan lebih efisien, Anda butuh langkah SEO e-commerce, dan mencentang setiap item terhadap daftar akan sebabkan rancangan Anda lebih efektif.
Gunakan Kata Kunci yang Tepat
Ya, kata kunci selamanya penting. Anda tidak mengidamkan membebani judul dan gambaran product Anda bersama dengan kata kunci ini, tapi kata kunci berikut wajib tersedia di dalam teks.
Sebutkan kata kunci utama Anda di judul produk, deskripsi, gambaran meta, atribut alternatif gambar, dan subjudul. Taburkan kata kunci indeks semantik laten (LSI) di semua bagian. Ini adalah kata kunci berkenaan yang menunjang Google memahami halaman Anda di dalam konteksnya.
Menganalisis Volume Pencarian Kata Kunci, CPC, dan Niat Pengguna
Sebelum Anda memanfaatkan kata kunci, jalankan riset lebih-lebih dahulu. Ketahui seberapa kerap orang mencarinya (volume pencarian kata kunci), seberapa kompetitif kata kunci berikut di dalam iklan berbayar (biaya per klik, atau CPC), dan apa yang dicari orang kala mereka memanfaatkan kata kunci tersebut.
Mari kami uraikan lebih lanjut.
Volume pencarian tunjukkan seberapa besar minat kastemer terhadap kata kunci tertentu. Volume pencarian yang tinggi tunjukkan popularitas yang luar biasa, supaya Anda akan memperoleh lebih banyak pencarian aktif untuk kata kunci tersebut.
CPC berikan memahami Anda berapa banyak yang dibayar orang per klik kala mereka belanja iklan berdasarkan kata kunci tertentu. CPC yang tinggi tunjukkan peningkatan persaingan. Jika kata kunci target Anda amat kompetitif, perhitungkan untuk mencari alternatif berekor panjang.
Terakhir, maksud pengguna menggambarkan apa yang mengidamkan dicari orang kala mengetik kata kunci di bilah pencarian Google. Misalnya, seseorang mengetik "shower" dan menghimpit Enter. Apakah orang berikut mengidamkan informasi tentang pemasangan shower, perbaikan, baby shower, bridal shower, atau perihal lainnya? Jika Anda tidak mampu pilih maksud pengguna di balik kata kunci, tambahkan kata lain ke string pencarian supaya lebih jelas.
Melakukan Riset Pesaing
Jika Anda tidak memahami wajib merasa dari mana bersama dengan optimasi di area untuk website e-commerce Anda, maka pesaing Anda adalah pilihan paling baik Anda. Pesaing yang lebih besar barangkali udah bekerja keras untuk mengoptimalkan website website mereka, dan Anda mampu mempelajari banyak rahasia website website mereka.
Anda wajib fokus terhadap kata kunci. Anda wajib menganalisis kata kunci di beranda dan halaman product teratas.
Bagaimana Anda mampu memahami apakah sebuah website website mengoptimalkan kata kunci tertentu? Anda mampu memanfaatkan ekstensi peramban Moz untuk melihat judul dan gambaran SEO yang digunakan pesaing Anda di dalam tag judul mereka.
Anda juga mampu memanfaatkan alat seperti SEMrush untuk melihat kata kunci apa yang diperingkat pesaing Anda terhadap pencarian organik dan berbayar.
Jangan hentikan riset Anda bersama dengan kata kunci. Periksa halaman panduan pesaing Anda untuk melihat bagaimana mereka memanfaatkan kata kunci tertentu untuk mengoptimalkan halaman tersebut.
Fokus terhadap SEO Beranda
Sebagian besar bisnis memfokuskan anggaran dan daya SEO mereka terhadap beranda. Meskipun beranda merupakan tidak benar satu halaman teratas website website Anda yang wajib dioptimalkan, bukan bermakna beranda merupakan salah satu halaman yang wajib Anda fokuskan.
Meski begitu, Anda tentu mengidamkan mengoptimalkan beranda Anda bersama dengan baik. Hal-hal utama yang mengidamkan Anda tambahkan dan optimalkan adalah sebagai berikut:
Tag Judul Beranda
Tag judul SEO merupakan tidak benar satu elemen terutama dari optimasi pencarian di situs. Tag ini wajib sertakan nama bisnis Anda dan frasa kata kunci utama yang Anda targetkan. Anda wajib menulis tag judul ini di dalam kurang dari 70 sifat dan bersama dengan langkah yang menarik bagi pengunjung, gara-gara mereka akan melihatnya di hasil pencarian.
Deskripsi Meta Halaman Depan
Meskipun ini tidak perlu untuk peringkat kata kunci, gambaran meta untuk beranda Anda adalah gambaran 160 sifat tentang bisnis Anda yang juga akan keluar di dalam pencarian di bawah tag judul. Tuliskan gambaran ini untuk mendorong orang mendatangi website website Anda.
Konten Beranda
Konten di beranda Anda wajib menunjang pengunjung mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda dan product yang Anda menawarkan bersama dengan memahami dan ringkas. Hindari membebani pengunjung bersama dengan amat banyak informasi. Pertimbangkan untuk menampilkan sebagian product unggulan Anda di beranda dan proposisi penjualan unik Anda.
Halaman beranda yang berantakan mampu membingungkan pengunjung maupun mesin pencari. Misalnya, Anda menjual product di dalam beraneka kategori. Google akan ada problem mengidentifikasi apa yang Anda menjual dan siapa yang Anda targetkan bersama dengan product Anda, menjadi jelaskan secara tertentu apa yang di tawarkan website Anda.
Sederhanakan Arsitektur Situs Anda
Saat Anda menambahkan product dan kategori ke toko Anda, ingatlah bahwa arsitektur website amat perlu di dalam pengoptimalan pencarian. Anda mengidamkan punya hierarki navigasi yang jelas, dari beranda sampai kategori product sampai product yang tercantum di dalamnya.
Bot mesin pencari akan mendapatkan halaman dan product Anda di website website Anda berdasarkan struktur tautan internal yang jelasyang gampang diikuti — dan tidak amat mendalam.
Aturan praktis bagi mesin pencari dan pengunjung adalah memastikan orang mampu terhubung semuanya di dalam tiga klik. Dari beranda, mereka cuma wajib jalankan maksimal tiga klik untuk terhubung product apa pun di website website Anda.
Tautan Internal
Tautan internal punya dua target utama:
Meningkatkan SEO e-commerce bersama dengan tunjukkan bagaimana halaman saling berhubungan
Meningkatkan kala di website bersama dengan mendorong pengunjung untuk menjelajahi website Anda lebih jauh
Menghubungkan ke product berkenaan atau ke artikel blog yang kaya informasi mampu menunjang meningkatkan SEO e-dagang dan sebabkan website Anda lebih menarik untuk penelusuran lebih mendalam.
Optimalkan Halaman Produk
Halaman product adalah urat nadi bisnis Anda, menjadi Anda wajib memfokuskan banyak daya untuk mengoptimalkannya. Banyak pemilik toko e-commerce menulis sebagian baris teks tentang setiap product dan menampilkan gambar atau video.
Halaman product Anda butuh informasi lebih lanjut supaya Google mampu menemukannya. Berikut ini adalah hal-hal tertentu yang mengidamkan Anda kerjakan.
Nama Produk
Nama product Anda penting. Dalam kebanyakan kasus, nama berikut juga digunakan di dalam judul SEO dan URL halaman product Anda. Anda wajib perhitungkan untuk menambahkan makna pencarian umum atau frasa kata kunci ke product Anda.
Misalnya, kalau Anda menjual kaos oblong, sertakan "kaos oblong" atau "tee" di dalam nama produk. Dengan begitu, kata kunci berikut juga akan keluar di dalam judul SEO dan URL.
Sebagai bonus, kala orang membagikan product Anda di Facebook atau Pinterest, kata kunci berikut akan tersedia di judul tulisan yang dibagikan.
Optimasi Gambar
Gambar merupakan bagian perlu dari halaman product Anda. Bayangkan diri Anda sebagai pelanggan Anda sejenak. Apakah Anda condong belanja product dari website yang menggambarkannya bersama dengan memahami dari beraneka sudut, dari website yang tidak punya gambar serupa sekali, atau dari website yang berukuran kecil dan tidak terbaca?
Gambar tidak cuma diperlukan bagi pelanggan Anda, tapi juga perlu untuk optimasi pencarian.
Untuk mengoptimalkan gambar Anda bersama dengan baik untuk pencarian, mulailah bersama dengan nama file. Jangan tambahkan gambar bernama IMG0010.jpg ke halaman product Anda. Sebaliknya, memanfaatkan nama product dan kata kunci utama, seperti eastcoast-skinny-jeans.jpg.
Jika Anda punya penampilan alternatif tentang product Anda, sertakan kata kunci yang akan digunakan orang kalau mereka menelusuri gambar berikut di dalam pencarian.
Selain itu, kala Anda menambahkan gambar ke halaman produk, sertakan nama product dan kata kunci di dalam teks ALT untuk gambar tersebut.
Hasilnya? Gambar Anda saat ini mampu keluar di Google Image Search, seperti yang ditunjukkan terhadap gambar di atas, atau halaman hasil pencarian utama sebagai bagian dari tayangan media tambahan.
Video
Tambahkan video ke halaman product Anda untuk menunjang pelanggan merasa lebih percaya tentang pembelian mereka. Video berikut mampu bersifat informasi basic tentang product Anda (seperti iklan), video panduan tentang langkah memanfaatkan product untuk memperoleh hasil, atau testimoni dari orang-orang yang udah memanfaatkan product tersebut.
Menerbitkan video di luar website terhadap jaringan seperti YouTube mampu menjadi langkah hebat untuk menarik dan mengedukasi calon pelanggan tentang product Anda.
Video edukasi DIY, misalnya, mampu tunjukkan kepada orang-orang langkah sebabkan suatu hal yang unik bersama dengan memanfaatkan product Anda. Begitu mereka merasa mengerjakan proyek tersebut, mereka akan lebih condong belanja product berkenaan Anda.
Ulasan Pelanggan
Ulasan adalah langkah lain untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap product Anda, menjadi kalau Anda punya product yang bagus, pastikan untuk mengizinkannya.
Ulasan yang jelek juga tidak selamanya buruk. Jika Anda punya barang bersama dengan harga lebih tinggi bersama dengan ulasan yang bagus dan barang bersama dengan harga lebih rendah bersama dengan ulasan biasa-biasa saja, maka orang-orang akan condong pilih barang bersama dengan harga lebih tinggi, yang akan menghasilkan penjualan yang lebih besar untuk bisnis Anda.
Konten FAQ
Apakah orang-orang mengajukan pertanyaan tentang product Anda? Tentu saja. Memiliki Konten FAQ tertentu product di halaman product Anda adalah kunci konversi.
Jika pelanggan punya pertanyaan yang tidak Anda jawab, mereka akan mencari area lain untuk mendapatkan jawaban berikut — dan barangkali besar belanja dari sumber yang menjawabnya.
Memiliki Halaman Tanya Jawab umum di website website Anda juga merupakan ide yang bagus. Menjawab pertanyaan basic tentang keamanan, pengiriman, dan kebijakan pengembalian website website Anda mampu meningkatkan kepercayaan pembeli, yang berujung terhadap lebih banyak penjualan.
Gunakan Desain Responsif
Saat ini, orang-orang banyak berbelanja melalui perangkat seluler. Menggunakan desain responsif untuk website website e-commerce Anda tidak cuma mampu meningkatkan pengalaman pengguna tapi juga meningkatkan hasil pencarian. Indeks Google yang mengedepankan perangkat seluler memanfaatkan keramahan seluler sebagai isyarat pemeringkatan.
Kurangi Kecepatan Pemuatan Halaman
Kecepatan berisi halaman juga merupakan isyarat peringkat untuk desktop dan seluler. Semakin cepat halaman Anda dimuat, makin baik peringkat Google untuk Anda.
Bagaimana langkah mengurangi kecepatan pemuatan halaman? Fokuslah untuk mengurangi sebanyak barangkali elemen yang tidak diperlukan dari halaman Anda. Misalnya, gambar latar belakang yang luas yang sebagian besar ditutupi oleh kolom isikan berwarna putih barangkali tidak diperlukan. Demikian pula, hapus plugin atau add-on apa pun yang tidak berkontribusi terhadap laba bersih bisnis e-commerce Anda.
Ukuran dan Dimensi Gambar
Semakin besar gambar Anda, makin lama kala yang diperlukan browser untuk memuatnya. Jika Anda mengurangi ukuran gambar dari 1.000×1.000 piksel menjadi 500×500 piksel, Anda udah mengurangi "bobot" gambar berikut sampai setengahnya. Anda mampu menaruh gambar Anda sebagai JPG (JPEG) berkualitas rendah bersama dengan program seperti Adobe Photoshop.
Cukup klik "File" dan "Simpan sebagai…"
Anda mampu menaruh gambar Anda sebagai JPG (JPEG) bersama dengan tingkat mutu pada nol dan 12.
Memindahkan isyarat panah dari angka 12 ke angka 8 mampu mengurangi ukuran berkas secara drastis. Dalam kasus ini, gambar berubah dari 125K menjadi 82,4K.
Buat Backlink untuk SEO E-Commerce
Tautan balik adalah isyarat peringkat lain yang digunakan Google untuk pilih posisi halaman Anda di SERP. Semakin banyak tautan balik yang Anda punya dari website berkualitas tinggi, makin berwibawa website Anda.
Membangun backlink untuk website e-commerce tidaklah rumit. Posting tamu di blog yang berkenaan bersama dengan niche Anda adalah tidak benar satu langkah gampang dan rahasia untuk membangun tautan. Kirim e mail kepada pemilik blog yang Anda minati dan menawarkan tiga atau lebih ide untuk posting tamu potensial.
Alat SEO E-dagang Terbaik
Jika Anda mengidamkan langkah SEO e-commerce Anda berhasil, Anda butuh alat yang tepat. Berikut ini adalah sebagian website website yang paling menunjang untuk meningkatkan SEO on-page dan off-page Anda supaya lebih gampang dilihat di mesin pencari.
Saran Uber
Saya sebutkan Ubersuggest secara singkat di atas. Ini adalah alat yang amat bermanfaat untuk mengisolasi kata kunci paling baik yang ditargetkan untuk website e-commerce Anda dan untuk mendapatkan kata kunci berkenaan peranan menunjang meningkatkan peringkat Anda.
Cukup ketik kata kunci yang berkenaan bersama dengan product Anda. Alat ini akan mencari beraneka sumber di website untuk memperoleh informasi tentang kata kunci terkait, CPC, volume pencarian, dan banyak lagi.
Ahrefs
Gunakan Ahrefs untuk mengoptimalkan dan mencari langkah SEO e-commerce Anda. Alat ini amat bagus untuk mendapatkan backlink ke website Anda dan juga ke website pesaing Anda. Jika seseorang udah menautkan ke pesaing Anda, Anda barangkali mampu memperoleh tautan ke website Anda sendiri bersama dengan mengirim e mail kepada orang berikut dan membangun pertalian baik. Tawarkan untuk menautkan ke situsnya, lalu sarankan tidak benar satu tulisan berkualitas tinggi yang barangkali diminati oleh audiensnya.
katak yang berteriak
ScreamingFrog amat bagus untuk mendapatkan kasus di website Anda, seperti tautan rusak, gambaran meta yang hilang, dan konten duplikat. Saat Anda mengidentifikasi kasus tersebut, membuat pengalihan atau tambahkan konten yang hilang supaya Anda tidak terkena penalti di mesin pencari. Versi gratisnya menawarkan banyak alat yang berguna, tapi kalau Anda punya lebih dari 500 ekstensi URL, Anda barangkali mengidamkan meningkatkan ke premium.
MOZ
MOZ adalah alat yang ideal kalau Anda mengidamkan mencari dan mendapatkan kata kunci, mendapatkan peluang membangun tautan, dan menganalisis metrik halaman pesaing. Tersedia versi gratis dan berbayar, supaya Anda mampu memutuskan seberapa besar daya yang Anda butuhkan untuk mobilisasi kampanye SEO e-niaga Anda.
Mengapa Anda Harus Menggabungkan SEO bersama dengan CRO
Saya udah menyinggung CRO secara singkat di atas, tapi apa pertalian pada rasio konversi bersama dengan SEO? Jawabannya adalah bahwa tersedia dua step yang wajib dilalui kastemer untuk belanja product e-commerce Anda.
Jika orang tidak mampu mendapatkan website Anda (SEO), mereka tidak mampu berkonversi ke penawaran Anda. Demikian pula, kalau Anda belum mengoptimalkan konversi, semua pengunjung di dunia tidak akan mendatangkan penjualan bagi Anda.
Menggabungkan SEO bersama dengan CRO berikan Anda serangkaian langkah yang kuat untuk menunjang Anda mendorong konversi dan menghasilkan penjualan. E-commerce udah menjadi makin kompetitif, menjadi Anda butuh langkah untuk mendatangkan lebih banyak orang ke website Anda dan melalui saluran penjualan.
Mulailah bersama dengan menganalisis website Anda secara detil memanfaatkan laporan heatmap, scroll map, dan confetti. Lihat bagaimana orang berinteraksi bersama dengan website Anda supaya Anda mampu mengoptimalkan setiap halaman untuk konversi. Selama Anda juga udah mengoptimalkan SEO, Anda mampu menghasilkan lalu lintas yang berkelanjutan dan mengonversi kandungan yang lebih tinggi.
Kesimpulan
Banyak pemilik bisnis e-commerce mengidamkan segera meningkatkan konversi. Itu pola pikir yang tepat, tapi Anda selangkah lebih maju.
Anda wajib mendatangkan orang ke website Anda sebelum menarik mereka ke penawaran Anda. Memulai bersama dengan SEO e-commerce akan sebabkan Anda sukses.
Mari kami melihat daftar periksa kami untuk SEO e-niaga:
Pilih kata kunci yang tepat
Melakukan penelitian pesaing
Fokus terhadap SEO beranda
Sederhanakan arsitektur website Anda
Optimalkan halaman produk
Gunakan desain responsif
Kurangi kecepatan berisi halaman
Buat backlink
Jika Anda mengikuti beberapa langkah tersebut, website e-dagang Anda akan mendapat peringkat lebih baik di mesin pencari dan menghasilkan lebih banyak prospek untuk upaya CRO Anda.